Sunday, January 15, 2017

Ngaprak Leuweung : Curug Bentang di desa Cisungsang


air terjun curug bentang di kabupaten Lebak
Curug Bentang (Air terjun Bintang)
Curug Bentang atau dalam bahasa indonesia adalah Air terjun bintang, air terjun ini berada di daerah Kabupaten Lebak, lebih tepatnya di kawasan Desa Cisungsang Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak Provinsi Banten – Indonesia. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang berada di daerah Kabupaten Lebak – Banten

Start awal perjalanan dari pertigaan Samping Jualan Mie Ayam Pak Kumis yang mengarah puskesmas cisungsang, dari awal treking sudah disuguhi perjalanan menanjak walau tidak seberapa jauhnya lumayan bisa menguras sedikit tenaga, setelah tanjakan dilalui kami meneruskan perjalanan dengan menyusuri irigasi, setalah 10 menit perjalanan kami harus memotong jalan karena jika terus-terusan menyusuri irigasi terlalu jauh dan harus memutar, tanjakan pun menjadi alternatif kami untuk mejadikan jalan pintas sampai akhirnya menemukan jalan irigasi kembali. 

Sesekali kami istirahat walau hanya untuk sekedar minum dan mengumpulkan tenaga,dan melanjutkan perjalanan kembali ditengah perjalanan kami mulai bingung antara ambil jalur kiri atau kanan, akhirnya kami memutuskan untuk ambil jalur kanan, dalam pikiran kami kalo ambil jalur kanan mungkin akan cepet sampai coz menuju arah sungai, dan ternyata kamipun tersesat, hehehe... Karena memang kami semua baru pertama kalinya ke air terjun tersebut, just info jika kalian menemukan persimpangan jalan, kalian ambil jalur kiri dan jika memang sudah terlanjur mengambil jalur kanan dan sampai menemukan jembatan gantung sebaiknya jangan diteruskan coz kami pun ga tau itu arah kemana, hehehe... segera kembali lagi ke arah persimpangan tadi dan ambil jalur kiri. intinya sih harus ikutin jalur irigasi, sampai kalian menemukan bendungan irigasi.
Sesampainya dibendungan irigasi disini perjalanan sebenernya baru di mulai, kami harus bersusah payah menaiki batu dengan cara merayap kemudian turun lagi ke arah sungai dari sungai dilanjut menyusuri pinggir sungai dengan cara bergelantungan di akar-akar pohon (udah kaya onyet aja tuh...) untuk bisa melewatinnya sampai akhirnya kami pun tiba di curug tersebut, dengan perjuangan bagaikan ultraman melawan monster cacing, hahaha.... perjalanan kami di warnai dengan jatuh bangun (kaya lagu dangdut banget yah..) ngga sia-sia semua perjalanan berat yang sudah dilalui tadi semuannya terbayar lunas oleh sejuk dan indah nya Curug bentang.

Wisata Alam Curug Bentang Cisungsang
Menghilangkan rasa dahaga dengan seteguk air mineral
Terima Kasih Ya ALLAH atas semua keindahan dan ciptaanmu yang begitu indah. Keindahan yang tidak bisa diucapkan dan kata-kata,, cieee... punjangga banget gw. Tapi sayang Kami disana hanya beberapa menit saja mungkin sekitar 10 menitan karena memang kondisi cuaca saat itu sudah mendung ditakutkan terjadi hujan di hulu, andai hujan terjadi otomatis kami tidak akan bisa kembali pulang. Karena memang jalan pulang yang akan kami lalui harus menyebrang sungai kembali seperti saat menuju Lokasi. Jika air sungai meluap jalan kami pulangpun pastinya akan tertutup.

Untuk menuju Lokasi Curug Bentang  tersebut hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, karena medan atau trek yang ditempuh menyusuri irigasi yang dibuat warga setempat untuk pengairan ke sawah mereka.

Lama atau waktu perjalanan yang  ditempuh ke lokasi Curug Bentang  ini sangat relatif tergantung terbiasa atau tidak dalam melakukan perjalanan kaki ke tempat-tempat yang memang masih jarang dilalui oleh manusia. Waktu itu kami hanya memerlukan 3 jam bahkan bisa lebih untuk dapat sampai ke TKP (karena salah jalan )

Bagi kalian yang suka petualangan dengan berjalan kaki ini memang sangat cocok sekali , karena di sepanjang perjalanan kita bisa merasakan sensasi petualangan alam  bagaimana pun kita harus bisa melewati beberapa trek yang memang sedikit ekstrim, dari menyusuri irigasi dengan lebar ± 30 cm bahkan kurang  yang hanya bisa dilalui 1 jalur saja sampai harus bergelantungan di akar pohon di pinggir sungai untuk bisa sampai ke tempat air terjun tersebut. Disini diperlukan konsentrasi dan kerjasama dengan teman. 
Curug Bentang
Santai dulu bro sejenak dengan backgroud curug bentang

Pada saat kami mendengar kata curug atau air terjun dalam benak kami mengira bahwa air terjun ini sama seperti air terjun yang lainnya, ternyata air terjun ini berbeda dengan air terjun biasa,  aliran air yang jatuh dari tebing tinggi airnya jatuh langsung kesungai jadi seolah-olah air terjunnya membelah sungai yang mengalir dibawahnya. 

Kami saran kan bagi kalian yang akan menjelajah atau mengujungi air terjun tersebut hendaknya berhati-hati dalam melangkah dan mencari pijakan kaki, karena kondisi jalan yang licin dan berlumut membuat kondisi jalur kurang bersahabat dan kami sarankan juga jangan berkunjung pada saat musim hujan. Karena jalur yang akan dilalui rentan dengan longsor dan air meluap yang tidak bisa di prediksi, apalagi pada saat akan mencapai lokasi kita harus menyusuri pinggir sungai untuk dapat mencapai air terjun tersebut.

Ingat utamakan keselamatan kalian karena itu lebih penting dari pada apapun dan jangan pernah memaksakan diri jika memang tidak baik, air terjun tidak akan kemana-mana dan berpindah-pindah tempat, kapan pun kita bisa mendatanginnya. Gunakanlah sandal gunung yang memiliki pelindung mata kaki, karena jika sering kena air biasannya akan rentan lecet pada kaki kita dan bawalah perbekalan yang cukup. Satu hal lagi, jaga dan rawatlah alam nya jangan sampai meninggalkan sampah di sana atau dengan sengaja membuangnya ke sungai, dan jadilah petualang yang baik.

Salam Ngaprak Leuweung #Leleuweungan

untuk lebih jelas situasi dan kondisi di air terjun ( Curug Bentang ) silahkan tonton video dibawah ini dan jangan lupa di subscribe yah..


2 comments: